Aneka Bubur Ayam di Semarang

Kalau mau makan bubur ayam di Semarang biasanya ada 2 rujukan lokasi. Kalau mau makan bubur ayam ala semarang dengan potongan cakwe, potongan telor (yang dibacem) dan kuah coklat yang manis bisa menuju arah Simpang Lima dan sekitarnya. Setiap pagi dan hari minggu pasti penjual bubur aya ala semarang(an) tersebar luas.

Tetapi ada karena banyaknya pendatang di semarang, ada juga yang tidak suka bubur ayam ala semarang. Mereka lebih suka bubur ayam (mereka menyebutnya) ala Jakarta. Bubur ayam ala Jakarta ini diisi dengan suiran ayam, taburan kacang dan krupuk. Kuahnya biasanya kuah asin yang bisa ditambah sendiri dan kecap manis. Untuk bubur ayam jenis ini biasanya banyak bertebaran di daerah tembalang.

Saya sendiri karena datang dari Jakarta lebih menyukai bubur ayam yang kedua. Yang paling terkenal menurut saya tentu saja bubur ayam Pak Brewok di Tembalang. Walau menurut saya harganya sekarang lumayan mahal kalau untuk sekedar makan bubur ayam. Tetapi toppingnya memang terasa penuh. Suiran ayam, kacang dan kerupuknya tidak malu-malu, memenuhi penjuru mangkok. Dan buburnya juga terasa sangat kuat. Saya pernah mencoba makan bubur ayam sejenis di tembalang dan memang rasa buburnya tidak sekuat dan seenak bubur ayam Pak Brewok.

Tetapi untuk bubur ayam semarang(an) saya mempunyai tempat yang saya bisa rekomendasikan. Warung bubur ayam ini terletak di depan Java Mall persis. Tetapi untuk menikmati bubur ayam ini mempunyai handicap tersendiri. Warung bubur ayam dan lontong sayur ini hanya buka dari jam 2 pai sampai pagi menjelang seubuh (sekitar jam 6 pagi kalau masih ada). Tidak tahu kenapa walau ala semarang(an) tetapi bubur ayam ini terasa sangat nikmat. Mungkin karena disantap pada saat subuh dimana perut kita terasa sangat lapar. Penikmatnyapun biasanya orang-orang malam. Biasanya yang bekerja shift malam atau yang biasanya suka keluar malam. Tetapi karena enaknya jangan heran kalau dalam waktu 2-3 jam setelah buka biasanya menunya sudah habis jika pada hari yang ramai seperti weekend.

BTW Punya tempat favorit makan bubur ayam di semarang?

0