Cafe De Tiamo 60G

Akhirnya saya review juga coffee grinder yang dipakai sehari-hari untuk mengolah biji kopi. Coffee grinder yang saya pakai adalah Cafe De Tiamo 60G. Kenapa 60G? Karena coffee grinder ini mempunyai kapasitas 60 gram.  Cocok  dipakai sehari-hari di rumah.


Saya tidak tahan untuk akhirnya membeli grinder ini ketika sedang menikmati kopi di The Djournal. Bahannya terbuat dari plastik. Namun plastik yang digunakan cukup baik. Saya mendapatkan cafe de tiamo ini dengan membayar sekitar Rp. 320.000 kalau tidak salah.


Menggunakannya cukup mudah: masukkan biji kopi yang ingin diolah, pasang penutupnya, pasang pemutarnya dan putar sampai biji kopi yang dimasukkan selesai diolah menjadi bubuk. Bentuk pegangannya nyaman untuk dipegang ketika memutar.

Nah yang orang awam (termasuk saya) tidak tahu adalah bagaimana men-setting grinder ini untuk mengolah ukuran bubuk yang kita inginkan. Mungkin kadang kita ingin bubuk kopi yang sedikit kasar ketika menggunakan coffee drip atau halus sekalian ketika hanya ingin membuat kopi tubruk.

tiempohandgrinder_macro3
Caranya mudah, dibagian atas ada bagian yang seperti sekrup untuk dihubungkan dengan bagian pemutar. Nah putar saja bagian ini menjadi lebih kencang atau lebih kendor untuk bubuk kopi yang lebih kasar.

Jadi sudah pakai grinder buat menikmati kopi olahan sendiri? ^^